Jumat, 02 Februari 2018

Mahasiswa IAIN Batusangkar Lakukan Program PPL/PLKP-S





Batusangkar- Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan Praktek Lapangan Konseling Pendidikan di Sekolah (PLKP-S) adalah sebuah program wajib yang harus dijalankan oleh setiap mahasiswa Jurusan Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguaruan (FTIK) IAIN Batusangkar, dan merupakan tahapan penting bagi calon guru yang saat ini masih berstatus mahasiswa. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa calon guru untuk mengenal dunia keguruan secara nyata sebelum mereka benar-benar terjun di dalamnya.

Orentasi Program PPL dan PLKP-S akan di ikuti oleh Mahasiwa FTIK sebanyak 574 mahasiswa yang terbagi 8 Jurusan antara lain, Jurusan PAI 125 orang, MTK 70 orang, TBI 53 orang, Fisika 43 orang, Biologi 57 orang, PBA 32 orang, BK 117 orang dan PAUD 78 orang yang telah lulus dalam Mata Kuliah Micro Taicing dan telah menyelesaikan semester 6, Oreantasi PPL / PLKP-S kita rencanakan selama 2 hari, tanggal 29/30 Januari 2018, ucap Demina Kepala Laboratorium Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguaruan IAIN Batusangkar.

Demina, S.Ag., M.Pd dalam laporannya menyampaikan kegiatan program PPL dan PLKP-S akan di sebar ke 82 Sekolah baik, SLTA/MA, SLTP, MTSN, PAUD dan TK tersebar di Kabupaten Kota Se-Sumatera Barat antara lain Kabupaten Pasaman Barat, Pasaman , 50 Kota, Kota Payakumbuh, Padang Panjang, Sawah Lunto, Darmasraya, Kota Solok, Kabupaten Solok, Solok Selatan dan Kabupaten Tanah Datar. kegiatan PPL dan PLKP-P ini akan di mulai tanggal 2 Februari sampai dengan Tanggal 23 Mei tahun 2018 Ucap Demina.

Dikatakan Demina, target kita untuk PPL dan PLKP-S tahap satu tahun 2018 ini ingin mahasiswa mendapatkan pengalaman-pengalaman dilapangan untuk menjadi tenaga pendidik profesional. Sebelum melaksanakan kegiatan praktek mereka sudah dibekali dengan keilmuan melalui matakuliah-mata kuliah yang menunjang kemampuan mereka. “Ini saatnya mereka menerapkan keilmuan semasa perkuliahan dengan harapan bisa menjadi guru profesional,” ujar Demina.

Lebih lanjut Demina mengatakan, sejauh ini kita ingin, nama IAIN Batusangkar lebih jauh di kenal di tengah- tengah masyarakat Sumatera Barat. “Artinya mahasiswa yang akan melakukan PPL dan PLKP-S, harus mencerminkan bahwa mereka adalah mahasiswa IAIN Batusangkar.

Kegiatan PPL dan KLKP-S yang di buka langsung oleh Rektor yang di wakili oleh Dekan FTIK Dr. Sirajul munir, M.Pd dalam sambutan nya Sirajul Munir mengatakan kepada seluruh peserta, kali ini harus tahu bahwa kita di IAIN Batusangkar telah mendapat kan akreditasi A sebanyak 5 Jurusan. Terdiri dari Jurusan PAI, PBA, TBI, AS dan HES, PTKI yang meraih Akreditasi terbanyak di Sumatera Barat, adalan kita IAIN Batusangkar, dan kita harus sampaikan kepada sekolah-sekolah yang akan tempati nanti, ucap Sirajul Munir.

SHARE THIS

0 komentar :