Sekjen Kemenag RI Berikan Kuliah Umum di IAIN Batusangkar

Batusangkar: Sekertaris Jenderal Kementerian Agama (Sekjen Kemenag) Nur Syam mengajak mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar Sebagai Institusi yang melestarikan program Islamic studies, karena Kementerian Agama RI memiliki program yang terkait dengan bagaimana strategi pelestarian program studi Islamic studies.

Ajakan ini disampaikan Nur Syam saat memberikan kuliah umum di hadapan mahasiswa, Dosen dan karyawan IAIN Batusangkar, yang digagas Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Rabu, 21 Februari 2018 di Auditorium IAIN Batusangkar dengan menyonsong Tema “Eksistensi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Dalam Pemberdayaan Masyarakat Islam”

Menurut Nur Syam sampikan 3 Pilar Of Good Governance In Islamic Education yang bisa di terapkan di IAIN Batusangkar, dalam membangun keilmuan Islam di perguruan tinggi, maka yang mesti dicermati terlebih dahulu adalah apakah yang sesungguhnya akan kita capai dalam rangka membangun institusi pendidikan tinggi ini, selanjutnya penting mengingat bahwa jika kita harus memiliki visi dan misi yang pengembangan keilmuan yang akan dijadikan sebagai rujukan akhir, maka yang kita lakukan tak sia-sia, dan perjalanan tanpa arah atau perahu tanpa kemudi. Maka, menentukan visi, misi pendidikan tinggi Islam menjadi mutlak diperlukan. Himbau Nur Syam.

“Saya berharap, mahasiswa IAIN Batusangkar dapat memahami esensi dan substansi agama sehingga mampu mencegah diri dan masyarakat sekitarnya, mampu menciptakan program Islamic studies, dari situ generasi akademis mampu bersaing dalam perkembangan dunia hari ini, dan mahasiswa IAIN Batusangkar harus kembangkan organisasi-organisasi yang ada di dalam kampus.

Kuliah Umum dibuka langsung Oleh Rektor IAIN Batusangkar Kasmuri, dalam sambutannya Kasmuri menyampaikan terimah kasih kepada Sekjen Kemenag RI yng sudah meluangkan waktu nya datang ke IAIN Batusangkar, dalam memberikan Kuliah Umum di hadapan Ratusan Mahasiswa IAIN Batusangkar.

Dalam kesempatan yang sama Kamuri menyampaikan perkembagan IAIN Batusangkar yang seknifikan meningkatnya peminat masyarakat ke IAIN Batusangkar untuk menuntut Ilmu, semenjak IAIN Batusangkar Alih Status dari STAIN ke IAIN Batusangkar.

Kasmuri juga menyampaikan, bahwa sudah 5 Jurusan di IAIN Batusangkar mendapatkan Akreditasi A yaitu : Tadris Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Agama Islam, Hukum Ekonomi Islam, Dan Ahwal Syakhshiyyah (Hukum Keluarga Islam), kita berharap Akreditasi Institusi Juga mendapatkan nilai A, ucap Kasmuri.

Turut Hadir dalam kuliah Umum di IAIN Batusangkar, Kepala Wilayah Kementerian Agama Sumatera Bartat, Kepala Kementerian Agama Kab. Tanah Datar dan Seluruh Pimpinan IAIN Batusangkar
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar