IAIN Batusangkar Selenggarakan Seminar Nasional Kebudayaan

Keterangan Gambar : Seminar Nasional Kebudayaan
Rektor IAIN Batusangkar Dr. H. Kasmuri MA mengatakan kegiatan seminar ini, terlaksana berkat kerja sama antara Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumatera Barat, Pemerintah Tanah Datar dan IAIN Batusangkar. Yang berlangsung di Auditorium Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, Sabtu, (11/8).
“Seminar Nasional Kebudayaan berlangsung selama sehari dan dirangkai dengan berbagai macam kegiatan menarik seperti pameran fotografi, pameran cagar budaya, jelajah masa lalu, pemutaran flim serta abtraksi Minangkabau,” ujar Kasmuri.
Menutup sambutannya Kasmuri mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara tersebut dan berharap kerja sama yang sudah dimulai dapat berlanjut seterusnya demi pengembangan kebudayaan dan pariwisata di Kabupaten Tanah Datar
Seminar Nasional Kebudayaan dengan tema “Perubahan Paradigma Pengelolaan Kebudayaan Sebagai Industri Pariwisata Sekarang dan Masa Akan Mendatang” yang dibuka langsung oleh Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi.
Bupati juga didaulat sebagai narasumber dengan judul makalah “Cagar Budaya Sebagai Destinasi Wisata Di Kabupaten Tanah Datar”. Dalam paparannya bupati mengatakan, berdasarkan UU/11/2010 tentang cagar budaya, kekayaan budaya bangsa perlu dilestarikan serta dikelola secara tepat melalui perlindungan, pengembangan dan pemanfaatan dalam memajukan kebudayaan nasional untuk kemakmuran masyarakat.
“Sesuai dengan undang-undang tentang cagar budaya, dapat disimpulkan bahwa cagar budaya perlu dikelola sebagai modal pembangunan kepariwisataan, mengingat Tanah Datar menpunyai 75 situs cagar budaya yang sudah ditetapkan melalui peraturan menteri, tentu itu bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata,” ujar Bupati.
Bupati menyebutkan selain cagar budaya, potensi alam juga mampu mendukung kepariwisataan di Tanah Datar, sebagai contoh, ia menyebutkan Nagari Tuo Pariangan sebagai salah satu dari 5 Desa Terindah di Dunia versi Buget Travel yang berdampak besar mendongkrok perekonomian masyarakat.
“Potensi sektor pariwisata Tanah Datar sangatlah luar biasa, untuk itu Pemerintah Daerah menyepakati dengan DPRD bahwa pariwisata bagian dari upaya peningkatan perekonomian masyarakat hingga pada saat ini sedang dibahas peraturan daerah tentang pengembangan pariwisata Tanah Datar,” ujar Bupati.
Turut hadir seminar tersebut Anggota DPR RI Betty Sadiq Pasadigoe, Kepala BPCB Sumatera Barat Drs. Nurmatias, Dandim 0307 TD Letkol Inf. Edi Sugianto, Wakil Kapolres Tanah Datar Kompol Mayaruddin, Kepala Baperlitbang Alfian Jamrah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar Abrar, dan tamu undangan lainnya. (hm/dn)
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar