PENYEGARAN JELANG AKHIR TAHUN, FTIK IAIN BATUSANGKAR RE-FORMASIKAN JFU

                                                                 Serah terima Nota Tugas baru jfu oleh Wadek III

 Batusangkar.- Senin 2 November 2020 dilaksanakan pembagian Nota Tugas baru kepada semua JFU FTIK IAIN Batusangkar. Bertempat diruang pertemuan FTIK, Nota tugas tersebut dibagikan lansung kepada seluruh JFU oleh Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan FTIK Dr. Gustina, M.Pd didampingi Kepala Bagian Tata Usaha Syafrinal S., S.Ag., SS., M.Kom, Kepala Sub Bagian yaitu Riza Fatmawati, SE. dan Hj. Yulia Rahmi, S.Ag.  Dalam sambutannya Dr. Gustina. M.Pd menyampaikan bahwa re-formasi posisi JFU kali ini berupa rotasi dan non-rotasi. Hal ini dilaksanakan dalam rangka penyegaran, pemerataan, penambahan tugas serta penempatan JFU. 

Menurut Dr. Gustina, M.Pd, JFU yang dirotasi diharapkan memperoleh suasana dan tantangan kerja baru sehingga menghilangkan kejenuhan dan kemonotonan. Selain itu, rotasi tersebut juga diharapkan mampu meningkatkan kapasitas dan kapabilitas JFU dalam bertugas diluar tupoksi yang selama ini dilaksanakan. Kepala Bagian Tata Usaha FTIK, Syafrinal S., S.Ag., SS., M.Kom  juga menjelaskan penetapan posisi-posisi baru bagi JFU yang dirotasi sudah mempertimbangkan banyak hal seperti kompetensi, kebutuhan spesifikasi Jurusan terhadap staf tertentu, karakteristik personal, jumlah kebutuhan personal pada tugas tertentu, adanya JFU yang lulus sebagai CPNS di instansi lain durasi bekerja pada posisi yang lama dan pertimbangan-pertimbangan teknis lainnya.  Berdasarkan pertimbanganpertimbangan tersebut disusunlah formasi posisi baru JFU FTIK.  Selain itu, dalam Nota Tugas baru JFU yang dirotasi, juga dicantumkan tugas-tugas dan posisi-posisi baru, sehingga ada beberapa orang JFU yang memiliki tugas rangkap.  Pemberian tugas dan posisi rangkap kepada beberapa JFU juga mempertimbangkan beberapa hal seperti beban kerja, kompetensi dan kewajiban Tri Dharma bagi JFU Dosen. 

Selanjutnya, Dr. Gustina, M.Pd juga menambahkan bahwa ada pengecualian JFU dan posisi yang tidak dirotasi. Terdapat beberapa JFU yang masih bekerja diposisi semula. Hal ini ditetapkan dengan pertimbangan penguasaan data, kemampuan teknis dan tupoksi oleh JFT dan JFU di Laboratorium Tarbiyah serta Laboratorium IPA, spesifikasi khusus yang dibutuhkan jurusan terhadap JFU-nya seperti jurusan PBA, PIAUD dan TBI, dan spesifikasi khusus pada JFU pengelola jurnal selingkup FTIK.  sehingga mereka tetap diposisi sebelumnya.

Selain menerima Nota Tugas baru, setiap JFU baik yang dirotasi maupun yang tetap diposisi semula menerima job description yang akan dilaksanakan. Hal ini diharapkan mampu memberikan panduan dan bantuan bagi JFU yang dirotasi agar lebih mudah dan lebih cepat beradaptasi dengan posisi serta tugas baru mereka. Selain berpedoman kepada Job description yang diberikan, Wadek dan Kabag juga berpesan agar setiap JFU agar bekerja sama dengan baik dalam proses transisi tugas dan posisi baru agar tidak terjadi missed communication yang menyebabkan adanya data atau tugas yang tidak ter-cover. Terakhir, segenap pimpinan FTIK yang hadir mengharapkan setelah re-formasi posisi ini seluruh JFU semakin bersemangat dan berkolaborasi lebih kuat lagi dalam bertugas untuk FTIK yang lebih maju. (Mimi-Humas).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages